Sabtu, 25 Juli 2009

menu 'sleep' pada computer

terasa sangat indah bagi kita ketika kita bisa merasakan momen-momen kebersamaan dengan keluarga. ya..berkumpul diruang tengah bersama orang-orang tercinta setelah siang hari sebelumya penat oleh kesibukan kerja,kuliah, atau yang lain.dan di malam hari saat-saat peleburan semua kepenatan itu.menonton tivi bareng ampe malem. sungguh sangat mengesankan memang.namun bagaimana jika disetiap harinya kita menghambur-hamburkan tenaga listrik gara-gara ketiduran waktu menonton tivi ampe ketiduran sehingga tivi menyala terus ampe pagi karena lupa dimatiin.terus bagaimana penyelesaianya..??nah..kita pasti tidak lupa lagi untuk meng-aktifkan menu 'sleep' di tivi anda,,ketika kita merasa udah ngantuk tapi masih pengen nonton..tinggal kita atur aja timer-nya,maka tivi anda akan mati dengan sendirinya mengikuti hitungan waktu yang telah anda setting..sekarang yang menjadi persoalan adalah

BAGAIMANA MEMBUAT MODE 'SLEEP' PADA KOMPUTER...???

asyik banget rasanya ketika kita bisa melakukan itu ketika kita sedang menikmati murattal sebelum tidur tanpa takut komputer anda kepanasan karena anda buat ronda sepanjang malam..
sekarang perhatikan langkah-langkahnya :

1. hidupkan komputer anda, kemudian terserah anda mau menghidupkan/masuk aplikasi apa saja di komputer anda tersebut.

2. masuk menu DOS (START - ALL PROGRAM - ACCESSORIES - 'klik' COMMAND PROMPT).

3. setelah masuk di DOS atau COMMAND PROMPT, anda bisa langsung ketik perintah dengan ketentuan :

shutdown [-i : -l :-s :-a] [-f] [-m] \\computer name] [-t xxx] [-c "comment"] [-d up:xx:yy]

keterangan :
-i = menayangkan GUI INTERFACE, dan ini harus jadi pilihan pertama
-l = log off (tidak dapat disandingkan dengan -m )
-s = shutdown komputer
-r = shutdown dan restart komputer (restart)
-a = menggagalkan dan membatalkan shutdown
-m \\computer name = me'remote' komputer untuk shutdown/restart/pembatalan
-t xx = pengaturan waktu untuk melakukan shutdown dalam hitungan detik
-c "comment" = komentar shutdown (maksimal 127 karakter)
-f = menutup semua aplikasi yang sedang aktif tanpa ada peringatan
-d up:xx:yy= kode shutdown
u adalah kode user
p adalah kode shutdown yang direncanakan
xx adalah kode mayor (positif integer kurang dari 256)
yy adalah kode minor (positif integer kurang dari 65536)

contoh :
anda sekarang sedang sedang mendengarkan murattal dengan komputer dan ingin mengaktifkan menu sleep agar 300 detik ke depan komputer anda akan mati dengan sendirinya saat anda tertidur pulas. maka setelah masuk DOS anda ketik perintah :
shut down -s -t 300 -f
kemudian enter.anda bisa menutup DOS kalau merasa terganggu.sistem timer tidak akan terpengaruh dengan DOS yang anda tutup dan akan terus berhitung mundur.

dan ketika anda ingin membatalkan sistem sleep tadi,anda harus masuk DOS untuk yang kedua kalinya dan mengetik perintah :
shutdown -a
setelah anda mengetik perintah dan meng-enter.sistem penghitung akan berhenti dan menu sleep dalam keadaan 'close'.maka komputer anda akan kembali dalam keadaan normal kembali.

tambahan :
- komputer anda tidak akan terpengaruh menu sleep lagi setelah anda menghidupkan pagi harinya setelah malam tadi anda aktifkan menu sleep-nya.jadi anda tidak perlu takut kalo-kalo sitem sleep akan slalu aktif tiap kali anda menghidupkan komputer anda.itu karena perintah sleep di DOS hanya bersifat sementara, dan tidak aktif lagi setelah komputer shutdown, kecuali anda mengaktifkan lagi setelah menghidupkannya.
- anda harus mengetikkan perintah secara berurutan seperti yang terlihat di atas, jika ada beberapa perintah yang tidak perlu anda ketik, anda boleh tidak mengetiknya selama itu bukan perintah pokok(shutdown dan timer). perintah menu sleep yang paling sederhana adalah yang saya contohkan di atas.
-anda bisa mengetik "shutdown/?" untuk bantuan
jika anda memahami petunjuk dengan benar insyaallah anda akan berhasil menggunakannya..
wa idza azzamta fatawakkal 'alallah...




-------------------selamat mencoba-------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar